Fokus Utama Shin Tae-yong Benahi Fisik & Mental Pemain Timnas Indonesia U-23 yang Masih Bermasalah

March 5, 2021 by No Comments

Shin Tae yong membeberkan fokus yang akan ia benahi setelah Timnas Indonesia U 23 sukses mengalahkan Tira Persikabo dalam tajuk laga uji coba, Jumat (5/3/2021). Meskipun Timnas Indonesia U 23 mempu meraih kemenangan dua gol tanpa balas, terdapat dua aspek yang menurut Shin Tae yong jadi masalah besar bagi timnya. Lewat kacamata juru taktik asal Korea Selatan itu, masalah yang akan menjadi fokus utama dalam pembenahan kedepannya ialah soal fisik dan mental bermain.

Pada laga yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, Timnas Indonesia U 23 mendapatkan perlawanan sengit dari Guntur Triaji dkk. Meskipun demikian, skuat Garuda mampu memastikan kemenangan melalui lesakan Kadek Agung dan striker Arema FC, M Rafli. Namun Shin menyebut, kemenangan tidak menjadi tolak ukur bahwa timnya tidak memiliki kekurangan sama sekali dalam permainannya.

Justru diakui oleh pelatih yang terkenal tegas dan disiplin tersebut, K H Yudo dkk memiliki sejumlah kekurangan. "Pertandingan ini merupakan kali pertama setelah satu tahun tanpa pertandingan," terang Shin Tae yong dalam konfrensi persnya pasca pertandingan. "Pertandingan ini menjadi bahan evaluasi atas apa yang perlu kami lakukan pembenahan."

"Kami juga memiliki sejumlah kekurangan untuk diatasi dan menjadi lebih baik kedepannya." Ditanya mengenai apa yang menjadi titik masalah dari anak asuhnya, Shin Tae yong menyebut akan dua hal. "Fisik dan mental bermain berkendala."

"Untuk soal fisik, tidak mungkin amsalah tersebut bisa teratasi dalam satu hingga dua hari saja." "Selain fisik, masalah lain ialah terdapat pada mental pemain." "Jika fisik berkendala, maka itu adalah akar dari mental yang juga bisa terdampak di dalamnya," tegas juru taktik asal Korea Selatan itu.

Kemenangan ini jelas menjadi modal utama bagi Timnas Indonesia U 23 yang bakal melakoni pertandingan uji coba keduanya akhir pekan ini. Skuat Garuda dijadwalkan bakal menantang Bali United di Stadion Madya, Minggu (7/3/2021) malam WIB. Sedangkan Kadek Agung, satu di antara pencetak gol kemenangan juga memberikan komentarnya pasca pertandingan.

Ia mengaku sangat bersyukur bisa kembali bertanding setelah kompetisi terhenti selama satu tahun. "Saya sangat bersyukur karena bisa bermain lagi meskipun bertajuk laga uji coba," terang Kadek. Kedepannya, Kadek berkeinginan dengan pertandingan uji coba ini bisa menjadi penanda kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Semoga ini menjadi awal kebangkitan bagi sepak bola Indonesia yang terdampak karena pandemi," pungkasnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *